Anak Laki-Laki Bermain Boneka, Kelainankah?

Posted on
Before Single Content

Urusan mainan pada anak laki-laki biasanya identik dengan robot atau mobil-mobilan, sedangkan untuk boneka dianggap lebih cocok dimainkan oleh anak perempuan. Walaupun dalam keseharian tidak jarang pula anak laki-laki memainkan boneka dan ikut bermain bersama anak perempuan lainnya. Menanggapi hal tersebut, salah saoerang pisikolog Ajeng Raviando mengungkapkan bahwa sah-sah saja jika anak laki-laki bermain dengan boneka yang dimilikinya. Apalagi menurut pakar pisikolog tersebut, tidak semua boneka benar-benar merujuk pada perempuan. Sebut saja boneka hewan atau tokoh kartun idola anak laki-laki tersebut.

Anak Laki-Laki Bermain Boneka, Kelainankah?

Inside Single Content

Menurut Ajeng  Raviando yang merupakan salah satu pakar pisikolog mengatakan “Kenapa harus takut jika anak laki-laki anda bermain dengan boneka yang diinginkannya. Asal orang tua tetap menanamkan pada anak, peran laki-laki itu seperti apa sesuai norma, begitu juga peran perempuan itu sebagaimana yang harus dilakukan oleh perempuan”.

Meski anak laki-laki itu bermain dengan boneka yang memang identik dengan perempuan, dikatakan oleh Ajeng boleh-boleh saja jika anak tersebut (anak laki-laki) bermain dengan boneka yang identik dengan perempuan, asalkan tetap diawasi oleh orang tua sehingga anak tersebut tidak terlalu terbawa oleh pengaruh dari boneka yang identik dengan perempuan tersebut.

Jikalau si anak benar-benar suka pada boneka perempuan itu, coba tanyakan pada anak tersebut secara pelan-pelan. Mengapa ia suka bermain boneka perempuan. Dan pada saat itu si anak pun akan mengutarakan perasaannya atau pendapat terkait boneka perempuan yang ia mainkan tersebut. Orang tua pun secara tidak langsung bisa menggali pemahaman anak soal perbedaan gender dari anak tersebut.

Jika anak anda suka bermain boneka perempuan, karena boneka terebut terlihat cantik, gali lagi dan katakan pada anak anda “Oh, kamu sebagai laki-laki suka sama perempuan yang cantik” Jangan malah fokus pada hal yang negatif karena si anak ini suka pada boneka perempuan. Lewat boneka perempuan, orang tua pun bisa mengajarkan kepada anak perbedaan peran laki-laki dan perempuan dalam kehidupan masyarakat sekitarnya.

After Single Content

One thought on “Anak Laki-Laki Bermain Boneka, Kelainankah?

Leave a Reply