Jenis Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Posted on
Before Single Content

Makanan penurun darah tinggi ~ Saat ini banyak sekali makanan yang mengandung kolesterol serta garam berlebih yang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Untuk itu pentingnya bagi penderita tekanan darah tinggi agar konsumsi makanan yang sehat, serta dapat menjauhkan dari penyakit tersebut. Berikut adalah daftar makanan penurun darah tinggi yang bisa anda konsumsi setiap harinya.

Makanan penurun darah tinggi
Makanan penurun darah tinggi

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Gandum
Gandum mengandung beta-glucan yang terbukti dapat mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol. Gandum dapat dijadikan sebagai pengganti makanan pokok untuk orang-orang yang melakukan diet darah tinggi.

Inside Single Content

Susu Skim
Produk olahan dari susu ternak ini sangat sehat untuk penderita tekanan darah tinggi. Susu skim biasanya dijual dalam bentuk bubuk. Lemak yang terkandung dalam susu skim hanya 1 %, jadi aman bagi penderita tekanan darah tinggi. Konsumsi susu skim secara rutin bisa mengurangi tekanan darah antara 3 sampai 10 persen.

Coklat murni
Makanan penurun darah tinggi ini dapat menurunkan tekanan darah sistolik sampai 2.9mm Hg dan diastolik 1.9mm Hg. Hal tersebut terjadi karena dalam kakao mengandung zat flavanols. Namun Anda perlu ketahui, coklat yang Anda konsumsi harus yang memiliki kandungan kakao 60 sampai 70 persen.

Alpukat
Salah satu jenis buah untuk menurunkan darah tinggi adalah alpukat. Zat penting yang terkandung dalam buah alpukat antara lain asam oleat, potasium dan folat. Ketiga zat tersebut sangat penting untuk kesehatan jantung, memperlancar saluran darah serta mencegah terjadinya stroke.

Buah pisang
Selain untuk meningkatkan energi, buah pisang juga dapat mencegah penyakit jantung dan darah tinggi. Satu buah pisang sehari cukup untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Blewah
Blewah juga merupakan makanan penurun darah tinggijenis buah yang memiliki kandungan potassium cukup tinggi. Sehingga sangat baik digunakan untuk membantu menurunkan penyakit tekanan darah tinggi.

Bawang putih
Selain bisa memberikan rasa yang lezat pada masakan, bawang putih juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa menambahkan bawang putih ke dalam masakan anda.

Wortel
Wortel merupakan makanan penurun darah tinggijenis sayuran yang kaya akan kandungan kalium dan beta-karoten yang sangat tinggi. Kedua zat tersebut dipercaya dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Seledri
Makan empat batang seledri setiap hari ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Akan tetapi, seledri mengandung senyawa natrium yang mungkin memiliki efek samping ketika Anda memakan seledri dalam jumlah yang berlebihan.

Bayam
Sayuran penurun darah tinggiini memiliki kandungan magnesium dan potassium yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Namun ingat makan bayam dalam porsi yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Kubis
Kubis mengandung asam glutamat dan sangat efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Ikan salmon
Ikan salmon merupakan bahan makanan penurun darah tinggi yang banyak mengandung Omega 3, sehingga sangat tepat digunakan untuk membantu dalam proses menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Makan ikan salmon juga bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Semoga informasi olahraga untuk menurunkan tekanan darah tinggi di atas bisa bermanfaat.

After Single Content