Beda Usia Beda Pula Kebutuhan Air pada Anak

Posted on
Before Single Content

Seperti yang kita ketahui, kebutuhan cairan pada anak berbeda dengan orang dewasa, dan anda selaku orang dewasa atau orang tua dari anak anda maka anda pun harus memperhatikan asupan cairan anak anda setiap hari supaya anak anda bisa tetap sehat dan segar setiap hari. Pada anak komposisi cairan lebih besar yakni kurang lebih 10-15 % dari berat badan anak tersebut. Dibandingkan dengan orang dewasa, komposisi cairan yang terpadat pada tubuh orang dewasa yakni sekitar 2-4% dari berat badannya.

Beda Usia Beda Pula Kebutuhan Air pada Anak

Inside Single Content

Menurut Dr. Sudung O Pardede SpA(K) dari IDAI mengatakan bahwa untuk anak di usia 1-3 tahun kebutuhn cairan perharinya 1.1 liter atau kurang lebih 4 gelas perhari. Sedangkan untuk anak di usia 4-6 tahun membutuhkan 1.4 liter air atau 6 gelas perharinya, dan untuk anak di usia 7-9 tahun membutuhkan air sebanyak 1.6 liter perhari atau kurang lebih 6 gelas perhari. Selain itu, untuk anak perempuan usia 10 – 12 tahun kebutuhan airnya 1.8 liter atau sekitar 7 gelas perhari, sedangkan untuk anak laki-laki minimalnya lebih banyak yaitu 1.9 liter atau 8 gelas, akan tetapi itupun tergantung dari aktivitas dan berat badang dari anak tersebut.

Menurut Dr. Sudung, perbedaan kebutuhan air untuk anak laki-laki sedikit berbeda, apaagi jika anak tersebut sudah melewati masa pubertas yang dimana anak laki-laki cenderug lebih banyak melakukan aktivitas fisik dan massa otonya pun lebih banyak. Nah, maka dari itu untuk anak anda semua khususnya bagi mereka yang masih duduk di bangku TK atau SD anda harus memantau terus anak-anak anda supaya tidak kekurangan cairan pada saat beraktivitas diluar rumah. Selain itu, biasakan untuk membekali anak anda sebotol air mineral yang bisa diminum oleh anak anda dan bagus untuk kesehatan anak anda.

Maka dari itu, untuk membuat anak anda tetap sehat setiap hari dan tetap segar sepanjang hari maka anda pun harus memperhatikan asupan cairan anak anda supaya anak anda tidak kekurangan cairan yang bisa mengakibatkan anak anda terkena dehidrasi atau lemas akibat kekurangan cairan. Dengan memperhaitkan setiap asupan cairan dan makanan pada anak anda, maka anda pun bisa membuat anak anda tetap sehat dan terhindar dari beberapa penyakit yang dapat membahayakan anak anda.

After Single Content

Leave a Reply