10 Cara Pencegahan Diabetes Mellitus Yang Benar

Posted on
Before Single Content

Cara Mencegah Diabetes Melitus ~ Penyakit diabetes mellitus perlu sekali untuk dicegah, karena penyembuhan penyakit ini sendiri tidaklah mudah dan membutuhkan ketelatenan dari diri sendiri dalam menjaga pola makan yang sehat. Untuk melakukan pencegahan, berikut adalah cara pencegahan penyakit diabetes mellitus yang bisa anda lakukan :

cara mencegah diabetes
cara mencegah diabetes

Tips Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Hindari Pemanis
Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan. Jika Anda ingin membuat teh manis, sebaiknya ganti gula menggunakan madu karena lebih sehat dan rasanya pun tidak kalah nikmat dengan teh yang menggunakan gula pasir.

Inside Single Content

Jagalah pola makan Anda
Menjaga pola makan sangat penting sebagai langkah pencegahan diabetes mellitus. Untuk itu atur jam makan secara teratur yaitu sarapan di pagi hari jam 7, makan siang pukul 12, dan makan malam pukul 6. Selain itu makanan yang di konsumsi juga harus bergizi seimbang, rendah gula dan lemak yang pastinya bebas dari kolesterol.

Rutin melakukan cek darah ke dokter atau rumah sakit
Dengan demikian anda dapat mengecek kadar gula darah dalam tubuh, sehingga nantinyaanda bisa mengontrol asupan serta kalori yang hanya dibutuhkan oleh tubuh.

Olahraga lah secara teratur
Dengan olahraga kita dapat membakar kalori di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan kadar gula darah yang berlebih di dalam tubuh. Olahraga banyak sekali yang dapat Anda lakukan mulai dari senam, jogging, berjalan, fitnes, berenang, dan lain sebagainya.

Air Putih
Minum air putih yang banyak juga bisa menjadi salah satu pencegahan diabetes mellitus. Air putih akan membuat sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lancar.

Konsumsi serat
Makan makanan yang banyak mengandung serat seperti gandum, buah pepaya, dan lainnya. Dengan makan makanan yang berserat, pencernaan akanmenjadi lancar dan terhindar dari diabetes.

Diet
Diet untuk menurunkan kadar gula dalam dara merupakan pencegahan diabetes mellitus yang cukup efektif. Caranya hindari makanan yang banyak mengandung gula serta makanan berlemak. Ganti dengan makanan yang banyak mengandung vitamin serta mineral seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin serta serat antara lain buah semangka, pepaya, kedondong, apel, semangka, dan buah yang lainnya. Sedangkan untuk sayuran seperti kangkung dan bayam sangat cocok bagi penderita diabetes. Untuk konsumsi karbohidrat sebaiknya pilih karbohidrat yang berserat seperti kacang-kacangan.

Turunkan kelebihan berat badan atau obesitas
Seseorang yang memiliki berat badan berlebih cenderung lebih mudah terkena diabetes. Untuk itu segera turunkan berat badan yang berlebih dengan jalan diet sehat serta olahraga yang teratur.

Konsultasi dengan dokter
Konsultasikan kepada dokter atau ahli kesehatan jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Orang yang memiliki riwayat keturunan keluarga pernah menderita diabetes, maka akan memiliki risiko lebih besar terserang diabetes.

Itulah beberapa pencegahan diabetes mellitus yang bisa anda lakukan. Semoga dengan melakukan cara-cara di atas, anda dapat terhindar dari diabetes mellitus. [Makanan sehat penderita diabetes]

After Single Content