Cara Mengatasi Diabetes Insipidus Dan Penyebabnya

Posted on
Before Single Content

Penyebab utama diabetes insipidus adalah kekurangan hormon ADH, hormon ini merupakan hormon yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah. Diabetes Insipidus sendiri adalah penyakit yang disebabkan kekurangan ADH, dan ditandai dengan pengeluaran air seni atau urine yang berlebih.Kekurangan hormon ADH sendiri juga dapat mengakibatkan tekanan darah rendah, dehidrasi yang menyebabkan rasa haus terus-menerus.Seseorang yang menderita diabetes insipidus ditangani dengan pemberian hormon ADH.

Pada penyakit ini, pankreas tidak mampu menghasilkan insulin, yaitu hormon yang berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Dalam kondisi normal seseorang yang memiliki kadar gula tinggi akan menjadi normal kembali karena adanya insulin. Akan tetapi orang yang memiliki gangguan pada pankreas,tidak bisa menormalkan kelebihan kadar gula darah dan terjadilah penyakit diabetes insipidus. Umumnya pengobatan diabetes jenis ini yaitu dengan suntikan hormon ADH, selain di suntik juga bisa dalam bentuk tablet atau juga di hirup.

Inside Single Content
Cara Mengatasi Diabetes Insipidus
Cara Mengatasi Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus terdiri dari dua, yaitu diabetes insipidusnefrogenik dan diabetes insipiduskranial.Diabetes insipidusnefrogenik adalah penyakit diabetes yang terjadi karena hormon antidiuretik yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.Sedangkan diabetes insipiduskranial adalah jenis penyakit diabetes yang terjadi ketika banyaknya air yang terbuang dalam urine, sebagai akibat dari hormon antidiuretik yang dihasilkan kurang cukup untuk tubuh. [Cara mencegah diabetes mellitus]

Beberapa penyebab diabetes insipidus yang lainnya :

  1. Tumor otak yang menyebabkan kelenjar pituitari atau hipotalamus menjadi rusak. Rusaknya kelenjar pituitari juga disebabkan oleh cedera kepala parah dan komplikasi akibat operasi otak.
  2. Stroke yang menyebabkan kurangnya oksigen pada otak.
  3. Kelainan genetik yang mengakibatkan kehilangan pandangan yaitu sindrom wolfarm.
  4. Terjadinya kanker pada otak.
  5. Adanya infeksi meningitis dan ensefalitis pada otak.
  6. Keturunan. Faktor keturunan merupakan penyebab diabetes insipidus yang paling memiliki risiko paling besar. Jika orang tua Anda pernah menderita penyakit diabetes kemungkinan besar Anda juga akanmengalaminya, untuk itu sebaiknya Anda tetap waspada dengan menjalankan pola hidup yang sehat.
  7. Kurang olahraga juga dapat menjadi penyebab diabetes insipidus. Olahraga berfungsi untuk membakar lemak serat kalori di dalam tubuh. Jika lemak dan kalori tidak dibakar, maka akan menjadi kelebihan berat badan yang mengakibatkan diabetes.
  8. Konsumsi pemanis buatan yang terlalu berlebihan juga bisa menjadi penyebab diabetes insipidus. Memang susah untuk menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan, karena di zaman sekarang hampir semua makanan pabrik dibuat menggunakan pemanis buatan. Untuk itu sebaiknya mulai sekarang kita konsumsi makanan yang dibuat sendiri serta jauhi makanan instan khususnya yang mengandung pemanis buatan.
  9. Pola makan yang buruk adalah penyebab diabetes insipidus yang sering terjadi. Makan yang tidak teratur sesuai jadwal, apa saja dimakan tidak memperhatikan kandungan gizinya, kurang minum air putih, kurang makan-makanan yang berserat, makan-makanan yang banyak mengandung lemak serta gula adalah ancaman terbesar bagi seseorang untuk menderita diabetes. Alangkah baiknya jika mulai sekarang kita membatasi makanan-makanan tersebut.

After Single Content