Cara Menghadapi Orang Tua Yang Pikun

Posted on
Before Single Content

Ada beberapa cara menghadapi orang tua yang pikun yang tentunya anda sendiri harus memperhatikan dan mempelajari setiap cara yang digunakan untuk menghadapi orang tua yang pikun tersebut. Seperti yang kita ketahui, orang tua yang sudah lanjut usia sering kali mengalami kepikunan, dimana mereka akan mudah lupa terhadap sebuah hal yang akan dilakukan dan lupa dengan apa yang sudah dikatakan oleh orang lain yang berada disekitarnya.

Cara Menghadapi Orang Tua Yang Pikun

Inside Single Content

Pikun yang dialami oleh orang tua lanjut usia ini sering kali membuat kita merasa jengkel, terkadang kita harus mengeluarkan suara yang pelan dan jelas untuk berkomunikasi dengan orang tua yang pikun tersebut. Dan dibawah ini kami akan sajikan beberapa cara untuk menghadapi orang tua lanjut usia yang pikun dan munkin bisa membantu anda semua.

Cara Menghadapi Orang Tua Yang Pikun

  1. Jangan berbicara bersamaan dengan suara yang lain – Berbicara dengan orang tua yang pikun tentu harus menggunakan cara yang berbeda sehingga orang tua tersebut bisa memahami apa yang kita ucapkan/katakan kepada mereka. Disarankan untuk berbicara didalam ruangan yang tenang dan tidak ada suara lain yang menggangu pembicaran kita dengan orang tua tersebut, karena suara lain atau suara bising yang berada didalam ruangan tersebut bisa menggangu pendengaran orang tua pikun tersebut.
  2. Dekati dengan pelan dari depan dan bicaralah – Cara menghadapi orang tua yang pikun selanjutnya adalah dengan mendekati orang tua dari depan dan berbicara dengan pelan sehingga orang tua tersebut bisa mengerti apa yang kita ucapkan. Terkadang jika kita mendekati orang tua tersebut secara tiba-tiba dari sisi lain, maka akan membuat orang tua tersebut merasa kaget dan dapat merusak konsentrasi orang tua tersebut.
  3. Menggunakan kalimat pendek dengan tempo yang pelan – Berbicara dengan orang tua yang pikun tentu butuh kesebaran yang kuat, karena jika kita berbicara terlalu cepat dengan kalimat yang panjang maka orang tua pun akan kurang memahami apa yang kita bicarakan bersamanya. Maka dari itu, gunakan kalimat pendek dengan tempo yang pelan supaya orang tua tersebut bisa mengerti dengan setiap kalimat yang kita ucapkan kepada orang tua tersebut.
  4. Beri pertanyaan yang mudah untuk dijawab – Jangan memberikan pertanyaan yang sulit untuk orang tua lansia yang pikun karena orang tua tersebut akan merasa sulit untuk menjawab pertanyaan tersebut. Berikan pertanyaan yang simple dengan jawaban Iya atau Tidak, Misalkan “ Suka dengan baju ini?” maka orang tua tersebut akan menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban Iya atau tidak.
  5. Ulangi pertanyaan yang anda berikan – Mengulangi beberapa pertanyaan yang diberikan kepada orang tua pikun merupakan salah satu hal yang paling penting ketika orang tua tersebut sulit mengerti dengan pertanyaan yang kita berikan. Supaya orang tua tersebut mengerti dengan pertanyaan yang diberikan, maka anda pun harus mengulang pertanyaan tesebut secara pelan-pelan dan dengan suara yang jelas supaya orang tua tersebut bisa memahami pertanyaan yang anda berikan.

Masih banyak cara lain yang harus anda perhatikan untuk berkomunikasi atau menghadapi orang tua yang pikun. Namun pada kesempatan ini, cukup sekian cara menghadapi orang tua yang pikun yang dapat kami sampaikan kepada anda semua. Semoga informasi kesehatan bermanfaat dan bisa membantu anda semuanya.WAU

After Single Content