Ciri-Ciri Diabetes Mellitus Yang Harus Diwaspadai

Posted on
Before Single Content

Ciri-Ciri Diabetes Mellitus ~ Penyakit diabetes mellitus adalah penyakit yang disebabkan pola makan yang salah. Penyakit ini banyak menyerang orang-orang dengan pola makan yang tidak sehat. Kadang seseorang tidak menyadari bahwa dirinya terserang penyakit diabetes melitus karena tidak memeriksakan kadar gula darahnya ke dokter.

Untuk mengetahui apakah anda menderita penyakit ini, berikut ada beberapa ciri-ciri diabetes mellitus :

Inside Single Content
ciri-ciri diabetes melitus
ciri-ciri diabetes melitus

 Poliuri atau Sering Buang Air Kecil Ciri-ciri diabetes mellitus yang pertama adalah lebih sering buang air kecil, khususnya di malam hari. Hal ini terjadi karena kadar gula darah meningkat drastis dan tubuh berusaha menstabilkannya dengan cara membuang kelebihan gula melalui air seni atau urine. Jika kadar gula tinggi, maka ginjal akan bekerja lebih keras karena fungsi ginjal menyaring gula dalam darah. Apabila hal tersebut terus terjadi, maka ginjal akan rusak.

 Berat Badan Turun Berat badan pada penderita diabetes mellitus akan turun, ini karena sel yang seharusnya menyerap gula untuk diubah menjadi cadangan makanan dan energi akan terbuang bersama urine. Akibatnya tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang baik sehingga berat badan turun.

 Tingginya Kadar Gula Darah Sebelum makan, kadar gula darah yang normal adalah kurang dari 100 mg/dl, dan setelah makan kurang dari 140 mg/dl. Kadar gula darah dalam darah yang menjadi ciri-ciri diabetes mellitus yaitu kadar gula darah meningkat tajam dua jam setelah makan. Ini diakibatkan oleh rusaknya sel beta pankreas terhadap insulin. Untuk itu sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kadar gula darah.

 Cepat Lemas Rasa cepat lemas ini ada hubungnnya dengan ciri-ciri diabetes mellitus yang sebelumnya, yaitu sering buang air kecil. Kenapa badan menjadi lebih cepat lemas?. Ini karena gula yang seharusnya dicerna dan diubah menjadi cadangan makanan dan energi untuk tubuh, malah dibuang bersama urine.

 Dehidrasi Penderita diabetes mellitus akan dehidrasi karena tubuh harus membuang kelebihan gula darah melewati urine.

 Sering Lapar Kurangnya nutrisi karena gula terbuang bersama urine memaksa tubuh untuk merasa cepat lapar. Tubuh yang seharusnya menyerap gula darah untuk dijadikan cadangan makanan dan energi malah harus dibuang melalui urine, sehingga tubuh kekurangan energi yang berakibat pada cepat lapar.

 Ginjal Mengalami Gangguan Ciri-ciri diabetes mellitus yang selanjutnya yaitu ginjal mengalami gangguan. Ginjal berfungsi untuk membuang zat racun dan menyaring zat makanan dalam bentuk urine. Karena gula darah meningkat dalam tubuh, maka memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras karena harus menstabilkan dan menyaring kadar gula darah. Dengan demikian maka ginjal akan mengalami gangguan yang berakibat pada rusaknya ginjal. [Pantangan penderita kolesterol tinggi]

 Jantung Juga Mengalami Gangguan Karena gula juga ikut bersama aliran darah menuju jantung, dan pada saat itu kadar gula darah sedang tinggi maka dapat membuat plak pada pembuluh darah. Yang lama-kelamaan plak tersebut semakin bertambah dapat menyebabkan sumbatan, sehingga akan berakibat pada jantung koroner dan serangan jantung. Semoga informasi tentang ciri-ciri diabetes mellitus di atas bisa bermanfaat.

After Single Content