Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat Yang Perlu Diwaspadai

Posted on
Before Single Content

Ciri-ciri penyakit asam urat ~ Dalam menjalankan aktifitas sehari-hari tentu saja kita sering mengalami kelelahan yang umumnya ditandai dengan badan terasa pegal ataupun nyeri pada persendian. Ada beberapa jenis penyakit yang menyerang tulang misalnya saja asam urat, rematik, osteoporosis atau akibat cidera sehingga menimbulkan keseleo pada tulang.

Dari beberapa jenis penyakit tulang tersebut diatas ada salah satu jenis penyakit yang cukup menarik untuk di diskusikan, yaitu penyakit asam urat. Kita tentu saja sudah tidak asing lagi dengan jenis penyakit ini karena hampir semua orang sering membicarakan atau menyampaikan keluhan merasakan nyeri pada tulang dan disinyalir merupakan kondisi dimana asam urat meningkat. [obat herbal osteoporosis]

Inside Single Content
gejala asam urat
gejala asam urat

Tanda Gejala Penyakit Asam Urat

Padahal belum tentu apa yang mereka rasakan itu adalah asam urat, bisa jadi itu merupakan gejala kelelahan biasa ataupun akibat terjadinya cidera. Untuk mengenali Ciri-ciri penyakit asam urat sebenarnya tidaklah sulit, karena asam urat memiliki ciri khusus dibandingkan jenis penyakit tulang lainnya. Diantaranya adalah :

• Asam urat terjadi pada area persendian tulang, khususnya pada jempol kaki, meskipun tidak menutup kemungkinan asam urat juga bisa menyerang persendian tulang lainnya, seperti pada pergelangan tangan, lutut, pundak dan pangkal paha. Hanya saja sebagian besar orang menderita asam urat pada jempol kaki.

• Keluhan asam urat sering terjadi pada pagi hari setiap bangun tidur ataupun pada malam hari dimana penderita akan merasa kesakitan hingga sulit bergerak.

• Pada kondisi yang serius, asam urat akan menimbulkan peradangan hingga bengkak yang cukup parah, disertai dengan warna kulit yang berubah menjadi kemerahan dan sangat sakit ketika tersentuh bahkan hanya tersentuh oleh kain sekalipun. oleh sebab itu penderita asam urat sebaiknya melakukan bed rest sampai rasa nyeri reda.

• Pada gejala awal, penderita asam urat akan mengalami kesemutan meskipun sedang tidak melakukan aktifitas apapun.

Cara Mengobati Asam Urat

Asam urat bisa terjadi dalam waktu singkat, kemampuan menyebarnya begitu cepat apalagi jika penderitanya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Penanganan yang tepat ketika asam urat kambuh adalah dengan mengistirahatkan bagian tubuh yang sakit. Apabila terjadi pembengkakan gunakan es batu untuk mengkompres bagian tubuh tersebut. Agar tidak membuat kulit iritasi, sebelumnya bungkus es batu menggunakan plastik agar permukaan es batu tidak langsung bersentuhan dengan kulit.

Minumlah air jahe hangat yang dicampur dengan madu, jahe dapat mengurangi peradangan karena ia memiliki zat anti inflamasi alami. ditambah dengan konsumsi air putih yang cukup, untuk membantu kerja ginjal dalam membuang zat purin.

Demikian adalah ulasan mengenai gejala penyakit asam urat semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

After Single Content