Gejala Penyakit Darah Tinggi Dan Cara Mencegahnya

Posted on
Before Single Content

Gejala penyakit darah tinggi ~ Darah tinggi adalah kondisi tekanan darah yang meningkat pada tubuh. Kondisi ini bisanya menjadi gejala awal pada berbagai macam penyakit yang membahayakan tubuh. Darah tinggi biasanya akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia, dan tidak menutup kemungkinan pula darah tinggi bisa terjadi pada orang yang masih muda. Darah tinggi dapat memicu stroke, gagal jantung, serangan jantung, penyakit ginjal, dan kematian dini. Dibandingkan wanita, laki-laki lebih memiliki risiko terkena darah tinggi di dalam suatu keluarga yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi.

Darah tinggi biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Makanan yang dapat memicu darah tinggi adalah makanan yang mengandung garam berlebih. Gejala penyakit darah tinggi bisa di picu oleh tumor atau kelainan yang menyebabkan kelenjar adrenal untuk mengeluarkan jumlah kelebihan hormon yang meningkatkan tekanan darah. Pil KB dan obat- obat yang lainnya dapat meningkatkan tekanan darah. Beberapa penyebab penyakit darah tinggi yang lain yaitu usia, stres, diet, diabetes, obesitas, kurang olahraga, dan konsumsi alkohol yang berlebihan.

Inside Single Content
Pusing Gejala Darah Tinggi
Pusing Gejala Darah Tinggi

Gejala penyakit darah tinggi antara lain yaitu :

  • Lelah adalah salah satu gejala penyakit darah tinggi yang sering terjadi. Jika anda merasa lebih mudah lelah, bisa jadi anda menderita penyakit darah tinggi.
  • Pusing, migrain atau sakit kepala sebelah, sakit kepala seluruhnya, melayang, vertigo, kepala berdenyut seperti ditusuk-tusuk.
  • Rasa pegal dan tidak nyaman pada tengkuk leher bagian belakang.
  • Perasaan seperti berputar-putar serasa ingin jatuh pingsan.
  • Detak jantung terasa cepat.
  • Telinga terasa berdenging.
  • Sesak napas.
  • Masalah penglihatan seperti penglihatan kabur bahkan bisa menyebabkan kebutaan.
  • Kaki bengkak.
  • Mual dan muntah.
  • Mudah lupa atau pikun.
  • Komplikasi berat seperti gagal jantung dan pingsan akibat stroke.

Darah tinggi terjadi lebih sering disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak baik. Beberapa penyebab darah tinggi lainnya yaitu diet yang buruk, dan merokok. Banyak orang yang melakukan pengobatan karena gejala penyakit darah tinggi tersebut. Akan tetapi, sebelum melakukan pengobatan untuk darah tinggi ada baiknya jika di konsultasi kan dengan dokter. Selain melakukan pengobatan untuk darah tinggi, pencegahan yang dapat dilakukan antara lain : makanan yang mengandung garam berlebih, konsumsi sayuran dan buah-buahan, rajin olahraga untuk mencegah penyakit darah tinggi, hindari merokok, dan perbanyak minum air putih. [penyebab penyakit darah tinggi]

Selain itu saat bekerja sebaiknya menyelingi dengan istirahat dan bersantai agar tidak terkena stres saat bekerja. Cukup tidur juga dapat mencegah tekanan darah naik, karena dengan tidur yang cukup minimal 8 jam sehari akan membuat badan segar dan sehat. Jangan lupa bagi Anda yang memiliki penyakit darah tinggi untuk check up dan memeriksakan tekanan darah secara rutin ke dokter. Atau Anda juga bisa mengukur tekanan darah Anda sendiri. Semoga informasi gejala penyakit darah tinggi di atas bisa bermanfaat.

After Single Content