Khasiat Propolis Dan Madu Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Posted on
Before Single Content

Apabila anda pernah mendengar kata propolis mungkin yang terbayang pertama kali di benak anda adalah salah satu jenis obat herbal yang digunakan untuk menguatkan sistem imun tubuh ataupun mengobati penyakit lainnya.

Hal ini disebabkan tidak semua orang tahu apa sebenarnya propolis itu. Propolis sebenarnya merupakan zat alami yang dihasilkan oleh lebah madu yang bisa juga dikatakan sebagai produk sekunder. Propolis itu sendiri sengaja diproduksi oleh lebah sebagai upaya untuk melindunginya dari serangan kuman, oleh karena itu propolis juga bisa dibilang sebagai sarang lebah.

Inside Single Content
khasiat propolis untuk kecantikan
khasiat propolis untuk kecantikan

Proses pengolahannya adalah dengan cara mengambil getah dari beberapa tumbuhan dan juga sari alami pucuk daun yang masih muda kemudian dicampur dengan enzim yang dihasilkan oleh lebah dan kemudian menghasilkan zat yang saat ini disebut sebagai propolis. [khasiat cuka apel]

Kata propolis itu sendiri berasal dari bahaya Yunani yang berarti pelindung kota, setelah mengetahui sejarah propolis ini maka selanjutnya marilah kita simak tentang manfaat dari madu sekunder ini.

a) Menguatkan daya tahan tubuh
Seperti fungsi utamanya sebagai pelindung lebah dari kuman, maka propolis ini juga bisa digunakan oleh manusia untuk juga melindungi diri dari serangan kuman dan bakteri. Dengan mengkonsumsi propolis maka kelenjar Thymuts menjadi lebih kuat dan secara otomatis akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat.

b) Mengobati gangguan mulut dan tenggorokan
Kedua organ tubuh ini sangat sering digunakan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang kadang kala akan tercampur oleh bakteri maupun kuman, sehingga sering kali beberapa orang mengalami gangguan pada kedua organ tersebut. Propolis akan membantu mengurangi kemungkinan tersebut, karena di dalamnya terkandung zat anti bakteri yang cukup ampuh untuk menghalau pertumbuhan bakteri.

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari propolis ini seperti halnya dapat menguatkan tulang dan gigi, mencegah penyakit kanker, suplemen kesehatan, mengobati diare, meredakan gangguan pada kulit dan lain sebagainya.

Propolis bisa dijadikan sebagai obat luar yaitu dengan mengoleskannya pada area yang di inginkan terutama untuk jenis penyakit kulit, juga bisa digunakan sebagai obat oral yaitu dengan cara mencampurkan 5 tetes propolis pada air hangat, dosis ini untuk upaya pencegahan dan menjaga kesehatan. Sedangkan untuk pengobatan bisa menggunakan 10 tetes.

Demikian adalah ulasan mengenai khasiat propolis dan madu semoga dapat memberikan tambahan informasi yang bermanfaat untuk anda.

After Single Content