Olahraga Untuk Mencegah Penyakit Darah Tinggi

Posted on
Before Single Content

Banyak sekali aktivitas olahraga yang dapat dilakukan untuk mencegah darah tinggi. Olahraga secara teratur dan benar serta melakukan pola hidup sehat terbukti dapat mencegah darah tinggi. Olahraga ringan dan dilakukan secara teratur mampu membantu menjaga tekanan darah terutama untuk fungsi jantung. Olahraga membantu jantung dalam memompa darah dan oksigen secara optimal ke seluruh tubuh.

Olahraga Untuk Mencegah Darah Tinggi
Olahraga Untuk Mencegah Darah Tinggi

Jenis Olahraga Untuk Mengatasi Darh Tinggi

Jalan-jalan santai
Aktivitas olahraga untuk mencegah darah tinggi adalah olahraga ringan seperti berjalan.Berjalan-jalan membuat tubuh kita sehat, selain itu jalan-jalan pada pagi hari membuat pikiran menjadi rileks serta pernapasan yang sehat. Ini karena di pagi hari udaranya masih sejuk dan segar. Berjalan secara teratur pada pagi hari dan sore hari minimal 30 menit dapat membuat tubuh bugar dan terhindar dari tekanan darah tinggi. [apakah penyakit asam urat]

Inside Single Content

Jogging
Selain berjalan, jogging juga salah satu aktivitas olahraga untuk mencegah darah tinggi. Saat jogging, tubuh kita akan mengeluarkan keringat, membakar kalori sehingga kadar kolesterol dalam darah dapat diturunkan dan tubuh pun menjadi sehat. Sebaiknya melakukan jogging pada pagi hari atau sore hari. Melakukan jogging sebaiknya secara teratur minimal 30 menit. Jogging juga dapat menghilangkan stres di pikiran. Perlu sekali menghilangkan stres tersebut, karena stres dapat memicu tekanan darah menjadi tinggi.

Berenang
Aktivitas olahraga untuk mencegah darah tinggi yang satu ini banyak digemari. Dengan melakukan olahraga ini, dijamin tidak akan membuat anda menjadi bosan. Berenang dapat melatih pernapasan serta membuat paru-paru menjadi lebih sehat. Jika pernapasan baik, maka kerja jantung juga akan semakin baik dalam memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Berenang juga membuat tubuh kita semuanya bergerak dengan demikian kalori dapat dibakar, dan kadar kolesterol pun dapat menurun.

Senam yang ringan
Maksudnya senam yang ringan yaitu senam yang tidak terlalu berlebihan dalam bergerak. Karena senam yang berlebihan akan berdampak buruk apabila seseorang memiliki penyakit jantung. Lakukan senam secara teratur minimal dua kali seminggu.

Bersepeda
Sempatkan juga sekali atau dua kali untuk bersepeda dalam seminggu. Aktivitas olahraga untuk mencegah darah tinggi ini bertujuan untuk melatih pengaturan napas.

Fitness class
Anda bisa mengikuti fitness class yang banyak sekali menyediakan perlengkapan atau alat-alat olahraga, serta dilengkapi dengan pemandu.

Team sport
Cara yang menyenangkan dan bagi Anda yang senang bersosialisasi yaitu membentuk sebuah team olahraga. Misalnya dengan membentuk kelompok senam atau bersepeda.

Yoga
Yoga selama lima belas menit per hari dapat membuat pikiran Anda menjadi tenang, dan dapat melatih pernapasan guna kerja jantung yang lebih baik.

Tidak hanya olahraga, kegiatan sehari-hari seperti berkebun, membersihkan rumah, menaiki tangga dan bermain bersama anak, juga merupakan aktivitas olahraga untuk mencegah darah tinggi yang dapat bermanfaat bagi jantung dan kesehatan Anda. Jika Anda merasakan pusing atau nyeri pada dada serta pada bagian tubuh yang lainnya, segera hentikan aktivitas Anda dan kurangi sedikit porsinya. Yang tak kalah penting juga adalah mengkonsumsi makanan sehat untuk menurunkan darah tinggi.

After Single Content