Kenali Penyebab Penyakit Darah Tinggi Sejak Dini

Posted on
Before Single Content

Banyak sekali penyebab penyakit darah tinggi. Mulai dari faktor usia, keturunan hingga penyakit berbahaya atau kronis yang lainnya. Namun pada dasarnya, penyakit ini bisa menyerang karena kurangnya menjaga pola hidup sehat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab penyakit darah tinggi yang perlu anda hindari.

Penyebab Darah Tinggi
Penyebab Darah Tinggi

Faktor Penyebab Terkena Darah Tinggi

Usia
Faktor usia merupakan penyebab darah tinggi yang tidak bisa Anda kendalikan. Banyak penelitian menunjukkan ketika usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat. Berarti tidak menutup kemungkinan bagi orang yang masih muda bisa terkena tekanan darah tinggi.

Inside Single Content

Keturunan
Jika orang tua atau saudara Anda memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi, maka kemungkinan Anda untuk menderita tekanan darah tinggi akan lebih besar. Masalah tekanan darah tinggi lebih beresiko pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik. Penyebab darah tinggi karena keturunan yaitu karena faktor gangguan fungsi barostat renal, abnormalitas transportasi natrium kalium, gangguan metabolisme, sensitifitas terhadap konsumsi garam, dan respon saraf pusat terhadap stimulasi psiko-sosial. [cara diet makanan bagi penderita asam urat]

Kolesterol
Kandungan lemak yang berlebih dalam darah dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini membuat pembuluh darah menyempit sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat. Sebaiknya kendalikan kolesterol Anda dari sekarang.

Obesitas atau Kegemukan
Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen dari berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita penyakit tekanan darah tinggi. Karena badan yang gemuk membuat badan sulit bergerak, sehingga membuat kerja jantung dalam memompa darah menjadi lebih keras.

Garam
Garam dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam. Hindari garam ketika anda sedang melakukan terapi penyembuhan penyakit darah tinggi.

Kafein
Kafein yang terdapat pada kopi, teh maupun minuman cola dapat menjadi penyebab darah tinggi.

Rokok
Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan serangan jantung, risiko diabetes, dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.

Kurang Olahraga
Kurang olahraga bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi.Akan tetapi jangan melakukan olahraga yang berat jika Anda menderita tekanan darah tinggi.

Stres
Stres dan kondisi emosi yang tidak baik dapat menjadi penyebab darah tinggi. Stres memicu seseorang menjadi sulit tidur, badan cepat lelah, sakit kepala, maag, dan hipertensi.

Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan juga dapat menyebabkan seseorang terkena tekanan darah tinggi. Faktor lingkungan tersebut antara lain faktor konsumsi garam, faktor psiko-sosial seperti kebiasaan hidup, pekerjaan, aktivitas fisik, status sosial ekonomi, konsumsi minuman keras, kegemukan, dan sebagainya.

Pola makan
Pola makan yang tidak baik juga dapat menjadi penyebab darah tinggi. Tubuh memerlukan natrium, akan tetapi jika mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium berlebihan dapat memicu tekanan darah tinggi.

Semoga informasi penyebab darah tinggi di atas bisa bermanfaat, sehingga anda bisa terhindar dari penyakit mematikan ini.

After Single Content