Posisi Tidur Yang Sehat

Posted on
Before Single Content

Posisi Tidur yang Sehat -Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh setiap manusia. Dengan tujuan utamanya yaitu mengistirahatkan fisik dan mental setelah seharian penuh mengerjakan berbagai pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran seseorang. Tidur merupakan istirahat yang baik, selain itu posisi disaat kita tertidurpun harus diperhatikan, karena jika posisinya tidak benar dapat berpengaruh juga pada tubuh, jadi intinya posisi pada saat Anda tidur juga menentukan kualitas tidur Anda. Tidur dalam kasur yang empuk atau mahal tidak dapat menjamin bahwa kualitas tidur Anda bagus, tidur dengan alas tikar pun jika posisinya benar akan menghasilkan kualitas tidur yang bagus. Tidur yang baik itu 8 jam dalam sehari, 8 jam itu bukan waktu yang sebentar. Jika salah dalam posisi tidur akan sangat berisiko sekali untuk Anda. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik perhatikan tips ini.

posisi tidur yang sehat

Posisi Tidur Yang Sehat

1. Tidur terlentang
Pada posisi tidur terlentang ini sangat baik karena tubuh Anda lurus sehingga memungkinkan penderita nyeri punggung dapat tidur dengan nyaman. Adapun manfaat tidur terlentang ini, yaitu: Menyeimbangkan berat badan, menghindari lipatan pada wajah penyebab kerutan, dan meluruskan tulang punggung. Selain itu, posisi tidur terlentang juga memiliki dampak yang tidak baik seperti membuat pernafasan terhalang oleh lidah yang membuat kita mendengkur.

Inside Single Content

2. Tidur miring
Posisi tidur miring sangat bagus untuk Anda, namun yang bagus hanya posisi miring ke kanan saja karena posisi tidur kekiri dapat menambah tekanan pada jantung. Cara tidur miring kekanan ini dengan menekuk kaki kearah dada, untuk mengurangi tekanan pada leher gunakan bantal yang agak keras. Tidur dalam posisi miring kekanan ini memiliki beberapa manfaat yaitu: Mengistirahatkan otak kiri, mengurangi beban jantung, mengistirahatkan lambung, membantu pengosokan kantung empedu dan prankeas, menjaga kesehatan paru paru, merangsang buang air besar, dan meningkatkan waktu penyerapan gizi. Meskipun banyak manfaatnya tidur dalam posisi miring ini tapi dapat membuat wajah tertekan bantal yang membuat kekurangan oksigen sehingga dapat memperjelas kerutan di wajah.

3. Tidur tengkurap
Posisi ini sebaiknya Anda hindari, karena menekan jantung, paru paru, dan perut. Selain itu, tengkurap juga menyebabkan tulang punggung menjadi rata dan mengganggu keselaranan tulang belakang bagian leher.

Demikian artikel posisi tidur yang sehat ini semoga bermanfaat untuk kualitas terbaik tidur anda. Baca juga artikel kami lainnya seperti Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dan Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil.

After Single Content