Pria Mantan Perokok Masih Berisiko Kena Kanker Paru

Posted on
Before Single Content

Keberhasilan anda dalam menjauh kebiasaan merokok bukan berarti anda terhindar dari risiko kanker paru-paru. Menurut study baru yang telah dipublikasikan di jurnal Sience, kanker paru-paru ini bisa bertahan dalam keadaan tertidur hingga lebih dari 20 tahun sebelum akhirnya mulai menggans pada tubuh kita. Studi tersebut merupakan hasil dari dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Inggris dan Amerika Serikat. Para Ilmuwan terebut menemukan bahwa sel kanker paru ini memiliki kemampuan untuk membuat mutasi baru sehingga setiap calon tumor memiliki keunikan genetik masing-masing.

Mantan Perokok Masih Berisiko Kena Kanker Paru

Inside Single Content

Pada saat kanker itu mulai berkembang dan terdiagnosis, tumor pasien bisanya telah mengalami bermacam-macam evolusi sehingga membuat obat dengan satu target khusus tidak efektif. Menurut penulis studi dari Cancer Research UK, Charles Swanton menuliskan bahwa sebelumnya, kita tidak tahu betapa heterogennya tahap awal dari kanker paru ini.

Penelitian pun menjalankan studi dengan melihat varibilitas genetik yang terjadi pada tumor genetik pasien yang diangkat saat operasi. Penelitian tersebut kemudian mencari tahu bagaimana caranya gen cacat ini terus berkembang biak seiring berjalannya waktu. Hasilnya penelitian menemukan bahwa adanya periode yang sangat panjang antara mutasi awal sampai mengalami gejala klinis pertama muncul. Pada beberapa kasus yang terungkap pada mantan perokok mengatakan bahwa mutasi awal akan muncul saat pasien melakukan kebiasaan merokoknya 20 tahun yang lalu. Kemudian, setelah si perokok tersebut berhenti melakukan kebiasaan buruknya, proses mutasi pun diabil alih oleh protein bernama APOBEC.

“Selama ini kita tidak mengerti, mengapa kanker paru disebut sebagai raja dari segala kanker dan salah satu penyakit yang paling susah untuk disembuhkan” tutup Charles Swanton.

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan anda dan terhindar dari kanker paru tersebut, sebaiknya anda melakukan beberapa cara yang bisa membuat anda terjauh dari kanker paru seperti menjauhi kebiasaan merokok dimulai dari awal (jangan pernah mencoba untuk melakukan kebiasaan merokok tersebut), dan menjaga kesehatan tubuh anda dengan rajin melakukan gerakan fisik yang menyehatkan serta terapkan pola hidup sehat untuk menjadikan tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang mematikan.

After Single Content

One thought on “Pria Mantan Perokok Masih Berisiko Kena Kanker Paru

Leave a Reply