Teknik Pertolongan Pertama Yang Penting Saat Di Perjalanan

Posted on
Before Single Content

Teknik pertolongan pertama yang penting saat di perjalanan merupakan salah satu hal yang harus anda pelajari dan anda perhatikan supaya anda bisa menangani beberapa masalah yang terjadi pada saat diperjalanan. Seperti yang kita ketahui, sebelum melaksanakan liburan jauh atau bepergian dalam jarak yang tidak dekat dari rumah anda, maka anda pun harus mempersiapkan berbagai macam perlengkapan yang dibutuhkan dalam perjalanan anda nanti.

Teknik Pertolongan Pertama Yang Penting Saat Di Perjalanan

Inside Single Content

Pastikan berbagai macam obat-obatan dan barang-barang penting lainnya sudah anda sediakan didalam sebuah tas atau tempat lan yang biasa anda gunakan untuk menyimpan perlengkapan tersebut. Tidak hanya itu saja, anda juga harus mempersiapkan diri untuk mengantisipasi ganguan kesehatan yang bisa saja terjadi pada saat anda sedang dalam perjalanan. Kondisi lingkungan yang berbeda dapat membuat tubuh rentan terhadap risiko alergi, keracunan, dan bahkan mabuk dalam masa perjalanan anda.

Teknik Pertolongan Pertama Yang Penting Saat Di Perjalanan

Maka dari itu, untuk mengantisipasi beberapa masalah tersebut, kami akan sajikan teknik pertolongan pertama yang penting saat di perjalanan yang mungkin dapat membantu anda dalam mengantisipasi beberapa masalah yang terjadi dalam perjalanan anda.

  1. Sediakan Pertolongan Pertama Untuk Serangan Asma

Untuk anda yang memiliki penyakit asma atau bepergian dengan seseorang yang menderita penyakit asma, maka anda harus siap menghadapi kemungkinan serangan asma yang akan terjadi dalam perjalanan anda. Jika hal tersebut terjadi dalam perjalanan anda, maka anda bisa melakukan teknik berikut ini :

  • Jauhkan korban (penderita penyakit asma) dari pemicu serangan asma
  • Bantu korban untuk merelaksasikan dirinya, tenangkan dan bantu untuk mengambil nafas dalam-dalam. Pastikan penderita asma tidak terlalu panik supaya kondisi tidak semakin memburuk.
  • Longgarkan baju jika memang baju yang dikenakan cukup ketat dan menggangu pernapasan korban.
  • Sediakan inhaler untuk penderita asma. Jika tidak tersedia, maka anda harus memberikan air hangat sampai akhirnya anda mendapatkan inhaler untuk membantunya bernafas.
  1. Pertolongan Pertama Untuk Penderita Penyakit Jantung/Serangan Jantung

Teknik pertolongan pertama yang penting saat di perjalanan selanjutnya ditujukan untuk menangani orang atau anda yang menderita serangan jantung. Serangan jantung ini biasanya datang pada saat pagi dan siang hari, dan untuk memberi pertolongan pada korban maka anda harus menyediakan aspirin dan menyuruh penderita serangan jantung mengunyah aspirin tersebut. Setelah itu, sebaiknya anda hubungi ahli medis untuk penanganan lebih lanjut.

  1. Pertolongan Pertama Pada Saat Tersedak

Saat istirahat diperjalanan, tentu anda akan melakukan aktivitas makan dan anda pun tidak akan tahu bahwa tersedak dapat menyerang kapan saja pada seseorang yang ada disekitar anda. Untuk menolong orang yang tersedak, anda harus mengeluarkan benda yang ada didalam tenggorokan korban dengan cara, berdiri di belakang korban yang tersedak, pegang dadanya dan bungkukan sedikit tubuhnya, kemudian pukul punggungnya (diantara tulang bahu bagian belakang. Dan lakukan cara tersebut sampai benda asing keluar dari tenggorokannya.

  1. Pertolongan Pertama Untuk Orang Yang Keracunan

Untuk menolong orang yang keracunan saat diperjalanan, maka anda harus memberikan minuman yang mengandung elektrolit. Akan tetapi, sebelum anda memberikan air tersebut, pastikan korban menuntaskan muntah, diare  yang dialami korban untuk mengeluarkan racun yang ada didalam tubuhnya.

  1. Pertolongan Pertama Untuk Menangani Korban yang Mual-Mual

Untuk menangani korban yang mual-mual atau mabuk perjalanan, sebaiknya anda memindahkan posisi korban ke bagain depan atau duduk dekat dengan sopir. Duduklah pada posisi dimana penglihatan dan pergerakan dirasakan sama oleh mata dan tubuh korban atau anda sendiri yang mengalami mual saat perjalanan. Selain itu, hindari aroma yang menyengat dan makanan berbumbu tajam yang justru dapat membuat korban atau anda sendiri merasa lebih mual.

  1. Pertolongan Pertama Untuk Korban Pingsan

Jika anda korban pingsan didalam perjalanan anda, maka anda harus menopang tubuhnya dan baringkan perlahan-lahan. Setelah itu pindahkan korban kebagian yang paling aman, jika disekitarnya terdapat hal-hal yang berbahaya. Kemudian jangan gerakan tubuh korban jika memang anda sudah mengetahui ada cedera disekitar tubuh korban. Jangan bergerombol disekitar korban, dan beri ruang yang luas untuk membantu korban bernafas lebih panjang. Setelah korban sadar, berikan minuman yang manis dan cobalah untuk menenangkan korban.

Dan itulah teknik pertolongan pertama yang penting saat di perjalanan yang dapat kami sampaikan kepada anda semua. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

WAU

After Single Content