Tips Terapi Penyembuhan Penyakit Darah Tinggi

Posted on
Before Single Content

Semua orang tentunya tidak ingin terkena penyakit, apalagi penyakit darah tinggi. Akan tetapi bagi anda yang sudah terlanjur menderita penyakit ini, anda bisa mengatasinya dengan melakukan tips terapi penyembuhan penyakit darah tinggi berikut ini.

Terapi Penyembuhan Darah Tinggi
Terapi Penyembuhan Darah Tinggi

Terapi Penyembuhan Darah Tinggi

Latihan olah napas
Melakukan latihan olah napas atau yang dikenal dengan meditasi, seperti yoga atau taichi adalah salah satu cara efektif dan banyak dilakukan oleh sebagian orang. Dengan melakukan latihan olah napas ini dipercaya dapat membantu menurunkan stres dan menurunkan tekanan darah tinggi. Bila rasa stres yang dirasakan sangat berat, makaakan memicu peningkatan renin, sehingga membuat enzim ginjal menaikkan tekanan darah. Oleh karenanya lakukanlahtips terapi penyembuhan penyakit darah tinggi ini minimal 5 menit tiap pagi dan malam hari.

Inside Single Content

Relaksasi
Relaksasi sangat dibutuhkan oleh tubuh dan pikiran. Relaksasi dilakukan untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti mengungkapkan bahwa, seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi dapat melakukan relaksasi dengan cara mendengarkan musik selama 30 menit, dan menarik napas dalam-dalam dapat menurunkan resiko tekanan darah sistolik (tekanan darah atas) hingga 3,2 poin.

Berjalan kaki
Rajinlah melakukan jalan santai akan lebih baik jika tidak menggunakan alas kaki. Atau rutin melakukan jalan cepat adalah tips terapi penyembuhan penyakit darah tinggi yang efektif untuk menurunkan tekanan darah hingga 8 mmHg. Lakukanlah jalan kaki dengan santai setiap pagi dan sore hari minimal 30 menit secara rutin. Selain melakukan jalan kaki tadi, melakukan olahraga ringan setiap harinya dapat membantu kerja jantung menjadi lebih optimal dalam memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung potasium
Mengkonsumsi makanan yang diperkaya dengan potasium pada sayuran dan buah-buahan sangat baik guna membantu penurunan tekanan darah. Potasium dapat diperoleh dari tomat, kentang, orange jus, kacang-kacangan, pisang, blewah, melon, kismis. Penuhi kebutuhan potasium tubuh minimal 2000-4000 mg per hari.

Batasi sodium atau garam
Konsumsi garam atau sodium sebaiknya dikurangi supaya tekanan darah tetap stabil, konsumsi garam tidak lebih dari 2,4 gr per hari (sodium) atau 6 gr per hari (NaCl). Akan lebih baik jika mengurangi makanan cepat saji atau fastfood karena banyak mengandung garam atau sodium. [Cara mengobati sakit pinggang]

Konsumsi dark chocolate atau coklat hitam
Tidak selamanya cokelat memberikan dampak buruk bagi tubuh. Dark chocolate mengandung flavanols yang memiliki khasiat untuk membuat pembuluh darah menjadi lebih nyaman. Dari hasil sebuah penelitian diketahui bahwa pemberian dark chocolate pada beberapa pasien yang mengalami gangguan tekanan darah tinggi dapat menurunkan tekanan darah hingga 18 %.

Itulah sedikitnya informasi mengenai tips terapi penyembuhan penyakit darah tinggi. Hal yang paling utama yang perlu anda lakukan untuk memahami gejala penyakit darah tinggi sebelum terjadi kemudian mengantisipasinya dengan melakukan pola dan gaya hidup yang sehat serta dinamis.

After Single Content