Tulang Rapuh Lebih Mengancam Pria Paruh Baya, Dibanding Kanker Prostat

Posted on
Before Single Content

Kanker prostat sering kali menjadi sebuah momok bagi para pria khususnya mereka yang berada di usia senja. Namun, beberapa para ahli mengatakan bahwa pria terkadang terlalu fokus pada penyakit tersebut sehingga lupa akan masalah pengeroposan tulang yang lebih sering terjadi pada pria yang berada di usia senja. Menurut laporan terbaru dari Internasional Osteoporosis Fundation mengatakan bahwa sepertiga kasus patah tulang pinggul di dunia terjadi pada pria. Laporan terebut juga menunjukan bahwa dengan cedera tulang pinggul yang sama, pria dua kali lipat lebih mungkin meninggal dibanding dengan wanita.

Kata penulis laporan, Professor Peter Ebeling dari Monash University mengybutkan bahwa, Osteoporosis terlalu sering dianggap sebagai penyakit wanita yang tidak dapat dicegah atau bukan masalah kesehatan yang mendesak bagi pria.

Inside Single Content

Tulang Rapuh Lebih Mengancam Pria Paruh Baya, Dibanding Kanker Prostat

Ebeling pun mengatakan, baik pria maupun wanita sama-sama akan mencapai puncak kepadatan tulang pada umur 20 tahunan. Lalu sama seperti risiko osteoporosis yang muncul pada wanita menopause akibat gejolak hormon. Ketika pria memasukia usia 60-an, perubahan hormon juga akan membawa risiko osteoporosis pada pria.

Selain itu, menurut laporan Ebeling  mengatakan bahwa tulang yang patah akibat osteoporosis akan terjadi pada satu dari lima pria berusia 50 tahun keatas. Risiko patah tuang akibat osteoporosis ini juga seumur pada pria diatas 50 tahun dikatakan dalam laporan mencapai 27 persen, dan lebih tinggi dari risiko kanker prostat.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya risiko osteoporosis, Ebeling pun mengatakan “Pria harus mengkonsumsi makanan yang memiliki kalsium tinggi, cukup terpapar oleh sinar matahari, dan rajin berolah raga minimal empat kali dalam satu minggu dengan durasi minimal setengah jam. Selain itu, menurut Ebeling, latihan keseimbangan tubuh juga bagus untuk menjaga kesehatan tulang pria dan juga dapat membuat kesehatan dalam tubuh seimbang sehingga pria punterjauhkan dari risiko osteoporosis tersebut.

“Latihan keseimbangan juga bagus untuk mengurangi risiko terjatuh” tambah Ebeling yang juga mengatakan bahwa tai chi adalah salah satu cara yang bagus untuk mengurangi kejadian terjatuh dan mengurangi risiko trauma pada tulang.

After Single Content

Leave a Reply